Sebagai seorang Muslimah, berdoa adalah kegiatan yang wajib dilibatkan dalam setiap usaha yang dilakukan. Dengan berdoa, kita dapat mengetahui bahwa hanya Allah Ta’ala yang dapat mengabulkan hal – hal yang kita inginkan. Doa juga dimaknai sebagai permohonan serta pujian dalam bentuk ucapan dari seorang hamba yang rendah. 

Selain untuk permohonan, adanya doa dapat memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada-Nya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika setiap hari kita senantiasa memanjatkan doa kepada Allah Ta’ala.

Untuk berdoa secara khusyuk dan rutin, kamu bisa tetapkan hari Jumat sebagai waktu yang mustajab berdoa untuk umat Muslim. 

 

Dalam Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, memang tidak ada doa yang khusus untuk dibaca pada hari Jumat. Namun, berikut 3 pilihan doa yang dapat kamu panjatkan di hari Jumat. Yuk, simak!

 

  1. Doa untuk perlindungan

اللهم عليك توكلت فارزقني واكفني، وبك لذت فنجني مما يؤذيني، أنت حسبي ونعم الوكيل، اللهم رضني بقضائك، وقنعني بعطائك، واجعلني من أوليائك

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

Artinya:

“Ya Allah Ta’ala, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu.”

  1. Doa keberkahan hari Jumat untuk sesama

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya:

“Semoga Allah Ta’ala memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

  1. Doa agar diangkat kesulitan

اللهم إني أسألك يا من لا تغلطه المسائل، يا من لا يشغله سمع عن سمع، يا من لا يبرمه إلحاح الملحين، اللهم إني أعوذ بك من جهد البلاء ودرك الشقاء، وسوء القضاء، وشماتة الأعداء، اللهم اكشف عني وعن كل المسلمين كل شدة وضيق وكرب، اللهم أسألك فرجًا قريبًا، وكف عني ما أطيق، وما لا أطيق، اللهم فرج عني وعن كل المسلمين كل هم وغم، وأخرجني والمسلمين من كل كرب وحزن

Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huznin.

Artinya:

“Ya Allah, Aku meminta kepadamu wahai Yang tidak tercampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai Yang tidak tersibukkan pendengaran meraka yang mendengarkan, wahai Yang ketentuannya tak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh. Ya Allah, lepaskanlah dariku dan dari setiap Muslim setiap kesusahan dan kesempitan dan impitan, Ya Allah aku meminta kepada-Mu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap Muslim.

Wallahu A’lam.

Nah, berikut doa – doa yang dapat kamu lantunkan pada hari Jumat. Insyaallah kamu dan keluarga akan selalu dalam lindungan Allah dan diberi keberkahan melimpah, ya!