Apa yang kamu bayangkan pertama kali saat mendengar kata ‘cantik’? Mungkin tampilan yang mempesona, seperti mata bulat, hidung mancung dengan rambut panjang tergerai? Atau mungkin tubuh ideal yang langsing dan tinggi? Tentu saja itu semua hanyalah kecantikan fisik yang hanya dilihat dari luar. 

Namun perlu diingat, bahwa kecantikan adalah suatu hal yang relatif dan unik. Dunia kini memiliki standar kecantikkan sendiri, sehingga semua orang terutama wanita selalu berusaha untuk mengejar kecantikan fana agar dapat menuai banyak pujian dan mendapat perhatian. 

Tidak ada salahnya jika ingin menjadi cantik atau mempercantik penampilan, namun jangan lupakan kecantikan alami dari dalam. Dalam artian, kecantikan yang tidak hanya dilihat secara visual, namun dituangkan dalam bentuk sikap, dan kemurnian hati yang sesungguhnya.

Nah, bagi para muslimah tentu punya caranya sendiri lho untuk mendapatkan kecantikan alami tanpa mengeluarkan banyak biaya dan tentunya dengan hal yang baik pula. Berikut tips nya!

  1. Wudu

Langkah pertama yang juga menjadi syarat wajib sebelum menunaikan ibadah solat adalah berudu. Wudhu juga merupakan cara untuk menghilangkan hadas kecil, selain itu wuduk juga dapat memancarkan kecantikan dan ketampanan seseorang, lho. Dengan melakukan wudhu, kita juga bisa menggugurkan dosa – dosa manusia. Oleh karena itu, disarankan untuk memperbanyak wudhu dalam setiap waktu tertentu, seperti sebelum tidur malam. 

  • Puasa dan membaca Al-Qur’an

Kegiatan menahan haus dan lapar ini juga bisa menyehatkan tubuh, lho! Selain untuk berdiet, puasa dan membaca Al-Qur’an bisa memberikan dampak psikologisnya, lho. Dampak psikologis yang bisa kamu dapatkan dari kegiatan tersebut tak lain adalah dapat menenangkan hati. Berpuasa sendiri juga dianggap sebagai proses detoksifikasi atau bersihkan racun dari dalam tubuh. 

Nah, karena proses itu lah kulit akan terlihat lebih cerah dan bersih karena racun – racun dalam tubuh telah disingkirkan. Proses ini berperan penting dalam peremajaan kulit yang tentunya tetap didukung makanan yang sehat saat berbuka. 

  • Murah Senyum

Bukan berarti kamu harus tersenyum terus tanpa alasan ya. Akan tetapi, murah senyum ini merupakan simbol dari keramahan dan dapat meningkatkan mood seseorang, lho. Dengan murah senyum akan identik dengan nuansa bersahabat dan memberikan kesan mudah diajak bersosialisasi. Murah senyum adalah cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. 

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi)

  • Salat sepertiga malam

Menjalankan salat sunah juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan peluang doa dikabulkan, lho. Selain bernilai ibadah, sholat yang dilakukan usai bangun tidur di malam hari juga kecantikan alami seorang Muslimah. Maka dari itu, insyaallah tanpa operasi dan obat – obatan, dengan rutin melaksanakan sholat tahajud dan mengonsumsi makanan yang 

Selain bernilai ibadah, shalat yang dilakukan usai bangun tidur di malam hari ini adalah rahasia kecantikan Muslimah.

“Barang siapa yang banyak menunaikan shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah)

  • Perawatan diri dan wajah tanpa mengubah bentuk wajah

Penggunaan makeup dan skincare tidak dilarang dalam Islam kok. Tidak ada salahnya jika kamu ingin merawat diri, selain menjadi cantik itu juga upaya kamu menjaga kesehatan tubuh. Tapi, jangan sampai menjadi boros ya. Karena biasanya sudah sering terjadi, para wanita menjadi sangat boros membeli segala macam bentuk produk kecantikan dan perawatan. Disisi lain, Islam melarang umatnya untuk melakukan pemborosan. 

Di dalam ajaran Islam, bentuk perawatan diri alami yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan kocek mahal dengan harga selangit kok. Kamu bisa gunakan aneka macam perawatan alami seperti dari minyak zaitun, siwak, madu, dan susu. Bahan – bahan tersebut sangat alami dan bisa kamu gunakan untuk perawatan. Selain lebih murah, tentu saja lebih aman & terjamin, kan?

Tapi hal yang perlu kamu ingat dan lakukan adalah bahwa Islam melarang umatnya untuk mengubah bentuk diri, ya. Seperti melakukan operasi plastik untuk memancungkan hidung, meniruskan pipi dan lain sebagainya. Allah SWT sudah menciptakan umatNya berbeda – beda dengan keunikannya masing-masing, bukan?