Kamu tahu ngga, sih? Kalau di Tangerang juga ada lho wisata lokal yang nggak kalah asik dan serunya untuk dikunjungi bersama keluarga. Ini bisa banget jadi rekomendasi wisata hemat, namun tetap menyenangkan bersama keluarga. Kamu bisa pergi ke destinasi ini kapan saja, karena lokasinya tidak begitu jauh (untuk warga Tangerang) dan harganya nggak bikin kantong jebol. Nah, mau tau apa aja nih tempat wisata terbaik di Tangerang yang layak kamu kunjungi? Yuk, simak!

  • Benteng Heritage Museum
Sumber: Pinterest

Kota Tangerang memiliki sejarah yang cukup panjang tentang warga Tionghoa, lho. Konon bangunan tertua ini sudah berdiri dari tahun 1407 dan melalui bangunan ini menjadi cikal bakal penamaan kota Tangerang yang mulanya disebut dengan kota Benteng. Museum ini sekaligus sebagai museum pertama Tionghoa di Indonesia sekaligus sebagai pemberitahuan mengenai keberadaan mereka sejak saat itu. 

  • Pasar Lama Tangerang

Tidak jauh dari tempat dimana Benteng Heritage Museum berdiri, ada Pasar Lama. Pasar Lama merupakan tempat wisata kuliner yang wajib kamu kunjungi terutama pada malam hari. Nah, disini kamu dimanjakan dengan puluhan menu kuliner yang pastinya unik dan cocok untuk memanjakan lidah kamu. 

Klamby team menyarankan jika kamu ingin berkunjung akan lebih baik pada hari weekend sabtu atau minggu. Karena berbagai penjual biasanya buka pada hari weekend dan kamu semakin memiliki banyak pilihan kuliner untuk kamu cicip. 

  • Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng tertua di Tangerang ini konon usianya sudah mencapai 300 tahun. Pada awalnya bangunan ini hanya sebuah rumah dan memiliki makna dalam. Dari namanya Boen Tek Bio juga memiliki makna dan arti sebagai tempat peribadatan. “Boen” adalah intelektual, “Tek” berarti kebajikan, “Bio” adalah tempat ibadah. Dari makna tersebut diharapkan Klenteng Boen Tek Bio dapat menjadi tempat ibadah yang memiliki intelektual dan kebajikan. Bangunan Klenteng ini juga menjadi simbol keberagaman antar umat beragama. Dimana kawasannya yang terletak di Pasar Lama, berbaur dengan masyarakat sekitar. 

  • Masjid Pintu Seribu
Sumber: Pinterest

Di Tangerang juga ada lho, Masjid Pintu Seribu yang menjadi ikon wisata religi. Masjid Pintu Seribu terdiri dari beberapa mushola dengan luas mencapai 4 meter. Kamu juga bisa melihat hiasan angka 999 di beberapa sudut yang terinspirasi dari nama Allah atau asmaul husna yang terdiri dari 999. Luas kawasan Masjid Pintu Seribu mencapai 1 hektar. Di dalam Masjid ini, kamu bisa melihat tasbih terbesar di Indonesia dengan ukuran 10 cm dan terdiri dari 99 butir. Saat hari keagamaan umat Islam, banyak wisatawan yang berkunjung untuk beribadah dan berziarah. Lebih membanggakan, karena nama masjid ini sudah terdengar sampai negeri Jiran Malaysia. 

  • Taman Kota BSD

Kamu bisa menikmati pesona Tangerang di Kota Taman BSD juga, lho. Dengan nuansa hutan alam yang sejuk cukup kental akan kamu rasakan di sini. Buat kamu yang akan berkumpul dengan sanak saudara, keluarga atau pun teman, bisa banget. Terdapat gazebo dan rumah panggung yang bisa kamu manfaat untuk berkumpul. Nggak hanya itu, Taman Kota BSD juga difasilitasi dengan beberapa peralatan gym dan batu refleksi. Tak lupa, sajian menu kuliner nikmat ikut memeriahkan tempat ini. 

 

Nah, berikut beberapa destinasi wisata di kota Tangerang yang dapat kamu kunjungi. Jadi, gimana? Kamu sudah memutuskan tempat yang akan kamu kunjungi belum nih?