Tidak hanya fashion dan style saja, inovasi makeup kini juga ikut berkembang dan bertambah. Pilihan makeup juga semakin banyak, dengan tawaran menarik dan warna yang siap bikin hati kamu meleleh. Namun, karena banyaknya pilihan ini lah kamu harus berhati – hati ketika memutuskan produk yang tepat untuk kesehatan dan kecocokan kulit kamu. Bagi seorang muslimah, kandungan makeup yang digunakan juga turut penting, karena harus terbuat dari bahan yang halal. 

Nah, agar kamu dapat memilih makeup yang halal untuk percantik penampilan kamu perlu beberapa tips. Berikut tipsnya, yuk simak!

  • Makeup legal

Untuk mengecek make up tersebut halal atau tidaknya bisa dilihat dari legal atau tidaknya brand makeup tersebut. Ini adalah poin dasar yang harus kamu pastikan, karena selain karena kandungannya halal atau tidak kamu perlu memastikan aman atau tidaknya. Jika produk make up yang kamu beli adalah produk makeup ilegal, bisa jadi kandungan didalamnya dapat merusak kulit kamu. Bahaya banget kan?

  • Brand label makeup

Entah itu brand dari luar negeri atau brand lokal, jika penjualannya di Indonesia maka perlu melewati pengesahan dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Saat memilih make up, kamu bisa cek apakah produk yang kamu pilih sudah berlabel halal dari MUI atau belum. Kamu juga bisa mencari informasi brand makeup yang halal melalui internet. Lalu, selain label halal, produk make up dengan label Animal Cruelty Free, not tested on animal dan label Vegan lainnya juga sangat aman digunakan oleh wanita muslim. 

 

 

 

 

  • Kandungan make up 

Hijabers yang menggunakan style terkini wajib memiliki makeup halal. Oleh karena itu, sebelum membeli makeup akan lebih baik jika kamu mengecek terlebih dahulu kandungan yang terdapat di dalamnya. Makeup yang halal tidak boleh mengandung unsur hewan najis seperti anjing, babi, hewan buas, bangkai, dan unsur tubuh manusia seperti darah , dan mengandung hewan halal seperti sapi yang disembelih tidak secara syariat Islam. Selain itu, makeup juga harus bebas dari kandungan berbahaya seperti gliserin, plasenta, lactic acid, kolagen, hormon, vitamin dan aneka pewarna atau pewangi. 

Namun, walaupun kandungan alkohol ini termasuk bahan yang dilarang masih ada keringanan karena biasanya alkohol yang terkandung pada makeup tidak berasal dari industri fermentasi atau pabrik minuman keras, tidak menimbulkan kerugian pada pengguna makeup. Untuk itu, kamu bisa mengecek kembali apa saja kandungan yang terdapat dalam makeup lebih teliti dan detail. 

Ada beberapa alkohol yang tergolong aman dan memang dapat digunakan, diantaranya alkohol jenis denat, denatured alcohol, alcohol SD, cetyl alcohol dan butyl alcohol. Alkohol jenis tersebut bukanlah jenis alkohol untuk minum mabuk – mabukan. Namun, kamu juga perlu mencermati kandungan alkohol yang terkandung di dalamnya, jika persentase alkohol terlalu tinggi dalam makeup akan menyebabkan risiko iritasi pada wajah kamu.