Kamu juga bisa lho detoks tubuh secara alami dengan bahan – bahan yang alami pula. Selain sehat, biayanya juga lebih murah dan terjamin keamanannya. Untuk kamu yang ingin memulai pola hidup sehat, bisa dimulai dari membiasakan diri mengonsumsi infused water. 

Infused water sendiri adalah minuman sehat yang dibuat dengan potongan buah yang ditambahkan ke dalam air mineral. Pastikan buah dalam kondisi segar dan bersih ya, lalu simpan atau rendam buah selama beberapa waktu. Nggak hanya buah, sayur juga bisa lho. Oleh karena itu, setiap manfaat yang didapatkan dalam infused water tergantung pada kombinasi bahan yang digunakan.

Nah, berikut beberapa resep infused water yang ampuh untuk detoks tubuh atau pengusir racun tubuh yang aman & ampuh. Yuk, simak!

  • Lemon

Seperti yang telah kita ketahui, air lemon kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan bantu untuk turunkan berat tubuh. 

Untuk menyajikannya, kamu perlu siapkah air matang sekitar 1 liter dengan menambahkan; 3 potong lemon, potongan timun, dan daun mint secukupnya. 

Caranya, iris tipis bahan – bahan yang telah disebutkan lalu rendam sekitar 4 jam sebelum dikonsumsi. Setelah itu, jadilah infused water yang siap kamu konsumsi. Lalu, jika kamu tidak ingin merasakan rasa pahit dari kulitnya kamu bisa bersihkan buah dari bijinya sebelum direndam ke dalam air. 

 

  • Mangga dan Jahe

Banyak juga nih manfaat yang bisa kamu peroleh dari perpaduan mangga dan jahe. Mangga bisa bantu tubuh untuk menangkal penyakit jantung karena adanya kandungan serat, kalium, dan vitamin. Sedangkan jahe mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dan sangat berkhasiat untuk tubuh. Kandungan gingerol di dalamnya juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. 

       

Cara pembuatannya mudah kok! Masukkan potongan 1-2 buah mangga, lalu campurkan dengan 1 jahe. Selanjutnya, kamu bisa masukkan potongan buah dan simpan ke dalam wadah yang telah terisi 1 liter air ke dalam kulkas. Perendaman dilakukan sekitar 2-6 jam sebelum dapat dikonsumsi. Infused water mangga dan jahe ini bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta mengurangi nyeri haid dan sakit kepala. 

  • Stroberi dan Semangka

Untuk menjaga tekanan daran dan memperkuat sistem kekebalan tubuh serta kurangi nyeri otot kamu bisa mengkonsumsi buah semangka, lho. Selain itu, ada pula buah stroberi yang dapat bantu tubuh menyerap zat gizi dan menurunkan kadar kolesterol. 

Untuk membuat infused water stroberi dan semangka, kamu bisa masukkan stroberi satu mangkok kecil dan potongan semangka. Iris tipis dan masukkan ke dalam botol atau toples berisi air 1 liter. Rendam selama 2 – 6 jam agar khasiatnya keluar. Setelah 2 – 6 jam jadi deh infused water yang siap dikonsumsi. Kamu bisa konsumsi infused water semangka dan stroberi secara teratur untuk menurunkan berat badan.