Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) adalah tempat dimana hampir seluruh spesies kupu – kupu di dunia ada, termasuk spesies jenis kupu – kupu yang langka sekalipun. Oleh karena itu, TN Bantimurung juga dijuluki sebagai “The Kingdom of Butterfly”. 

Salah satu jenis kupu – kupu yang langka & dilindungi adalah Cethosia Myrina. Cethosia Myrina merupakan kupu – kupu sayap renda yang hanya ditemukan di Sulawesi bagian selatan. Sebarannya sangat terbatas dan tidak dapat dijumpai dengan bebas. 

Cethosia Myrina

Karena keunikan & kelangkaannya, kami mengangkat kupu – kupu sayap renda sebagai salah satu pattern dari koleksi Sulawesi series Klamby. Sayapnya yang indah menjadi signature khas pada Papillon series. Papillon series mengusung keindahan dari bentuk dan warna sayap kupu – kupu renda sebagai pattern utama dan menampilkan kecantikan dalam fashion.

Tidak hanya pattern sayap kupu – kupu renda saja, ada pula pattern bunga cantik yang turut menghiasi pattern dalam Papillon series. Bunga tersebut adalah cempaka hutan kasar, yang merupakan salah satu tanaman identitas Indonesia. Bunga ini juga termasuk sebagai flora endemik khas Sulawesi. Persebaran cempaka hutan kasar meliputi daerah Sulawesi dan Maluku, dengan nama ilmiah Elmerrillia Ovalis. 

 

Selanjutnya, pattern dalam Papillon series melibatkan varitas Bunga Krisan yakni Kulo dan Riri yang telah dibudidayakan oleh petani bunga kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Pembudidayaan ini telah dilakukan sejak masa Kolonial Belanda dan telah menjadi ciri khas Kota Tomohon yang jarang tumbuh di daerah lain dalam Indonesia, bahkan di dunia.

 

Nah, kamu sudah kebayangkan gimana cantiknya Papillon series? Selain memiliki makna, tapi juga indah dan cantik digunakan dalam acara formal atau sebagai pelengkap daily wear kamu.