Pemicu bau mulut saat puasa dikarenakan kurangnya produksi air liur, sehingga membuat mulut terasa kering dan menimbulkan bau. Namun, penyebab bau mulut tidak hanya karena mulut kering saja. Kondisi mulut yang kotor dan kurang sehat adalah pemicu utama yang menyebabkan mulut menjadi bau. 

Nah, untuk mencegah aroma mulut yang tidak sedap berikut tips dan cara yang ampuh, alami, dan yang pasti aman untuk dikonsumsi selama bulan Ramadhan.

 

  • Teh Hijau

Teh hijau nggak hanya terkenal ampuh untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa bantu kamu atasi bau mulut yang tidak sedap, lho. Kandungan polifenol dalam teh hijau yang mampu bantu atasi peradangan gigi dan gusi dikarenakan sifatnya yang antibacterial dan antivirus. Nah, oleh karena itu teh hijau bisa membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan bau mulut sehingga mulut terasa lebih segar dan tidak berbau sepanjang hari. 

 

  • Buah dan Sayur

Saat berpuasa, kandungan air dalam tubuh kita cenderung menurun. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah dan sayur bisa bantu tubuh kita untuk menutrisi dan menambah kandungan air yang dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Buah dan sayur juga bisa melembabkan mulut kamu saat berpuasa lho, karena itu buah dan sayur bantu jaga mulut kamu terhindar dari bakteri penyebab bau mulut. 

 

  • Konsumsi Air Putih

Manfaatkan waktu sahur dan berbuka dengan mengonsumsi air putih lebih banyak. Air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh, termasuk mencegah kulit kering dan dehidrasi untuk tubuh kamu terutama saat berpuasa. Kamu juga perlu hindari konsumsi minuman manis yang berlebihan. Selain tidak baik untuk tubuh, mengonsumsi minuman manis terlalu sering dapat merusak gigi kamu, resiko gigi berlubang semakin besar, dan menyebabkan erosi pada enamel gigi. Nah, masalah mulut seperti itu juga yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

 

  • Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi Setiap Hari

Setelah melakukan rutinitas di atas yang merupakan konsumsi makanan sehat, kamu juga perlu melakukan rutinitas ‘membersihkan’ untuk gigi dan mulut. Tak lain adalah menggosok gigi secara rutin sebelum tidur dan sesudah sahur. Selain menggosok gigi, jangan lupa untuk bersihkan lidah kamu dan gunakan benang gigi untuk bersihkan sela – sela gigi yang sulit dijangkau ya.