Kembali mengangkat kekayaan budaya dan tradisi dari Indonesia, Klamby ingin memperkenalkan motif Pakarena yang terinspirasi dari Tarian Pakarena. Tari tradisional Pakarena ini berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan yang juga dikenal sebagai Tari Kipas Pakarena. Tarian ini dimainkan oleh sekelompok penari wanita dengan membawa kipas.

Kipas Pakarena inilah yang menjadi daya tarik dan poin utama dalam koleksi Pakarena series. Terdapat pattern berbentuk kipas dengan tambahan serba – serbi unik khas Klamby untuk mempercantik pattern kipas di dalamnya. Mengutip dari buku Ensiklopedia Tari – Tarian Nusantara (2014), karya Rizky Utami nama Pakarena berasal dari bahasa Makassar. Diambil dari kata “karena” yang memiliki makna main dan kata “Pa” yang berarti pelaku. Tarian ini sudah menjadi kekuatan tradisi bagi masyarakat Gowa yang berabad – abad lamanya. Tarian ini terus dilestarikan secara turun temurun juga dengan maksud melestarikan budaya kekuatan kerajaan dan masyarakat Gowa yang hegemonitas. 

                                 

 

Alkisah, Tari Kipas Pakarena ini menceritakan tentang perpisahan antara penghuni boting langi (negeri khayangan) dengan penghuni lino (bumi). Namun sebelum perpisahan, boting langi sempat mengajarkan tentang cara hidup seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu melalui gerakan tangan, badan, dan kaki. Lalu gerakan – gerakan tersebut dijadikan tari ritual oleh penghuni lino sebagai rasa atau ungkapan syukur, terima kasih kepada boting langi. 

Melambangkan Tarian Kipas Pakarena

Melalui sepenggal kisah dari masyarakat di atas, Klamby pun turut menceritakannya kembali melalui pattern bunga – bunga kecil cantik yang melambangkan bidadari (penghuni boting langi) yang tinggal di negeri khayangan dan mengajarkan cara hidup kepada penghuni lino (bumi). Turunnya penghuni boting lingo, juga diceritakan melalui pattern monogram Klamby dengan sentuhan kembang cantik, sebagai lambang bidadari yang membantu penghuni lino (bumi) dalam mempelajari cara bertahan hidup. 

Menggambarkan Bidadari
Monogram Klamby Sebagai Gambaran Bidadari Turun Ke Bumi

 

Untuk memperkaya makna & keindahan Pakarena series, Klamby menambahkan sedikit elemen etnik, agar ciri khas Indonesia dan tradisional kental dalam pattern Pakarena series kali ini. 

Elemen Etnik Tambahan Khas Klamby

Jadi, gimana ? Apakah kamu jadi semakin jatuh cinta dengan pattern Pakarena series dari Klamby?