Tahukah kamu, bahwa Nabi Muhammad SAW juga memberikan kita tuntunan untuk pola hidup yang sehat. Bahkan sudah ada beberapa tips yang masuk dalam sunnah, lho. Hal ini tentu akan sangat baik jika dilakukan untuk kita sebagai umat Islam.

Pada zaman sekarang seperti saat ini, gaya hidup sehat kini semakin tidak perhatikan padahal sangat penting untuk terhindar dari berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, Nabi Muhammad SAW turut memberikan tuntunan kepada umatnya agar umatnya sehat selalu dan panjang umur. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW yang sudah Klamby tim rangkum.

  • Berhenti makan sebelum kenyang

Poin ini ingin menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW menganjurkan seluruh umatnya untuk tidak makan berlebihan, alias berhenti makan sebelum kenyang. Nabi Muhammad SAW tentunya mengajarkan hal tersebut bukan tanpa alasan. Namun, penganjuran ini diadakan agar kita terhindari dari berbagai kerugian seperti makanan yang dipesan tidak habis, juga bisa mengalami mual dan muntah karena kekenyangan. 

  • Atur porsi makan

Nabi Muhammad SAW juga memberikan contoh yang baik untuk umat Islam dalam mengatur porsi makan yang benar. Oleh karena itu, umat Islam perlu mengetahui porsi makan, minuman, dan udara yang sesuai dengan tubuh agar seimbang. Hal ini perlu dilakukan agar tidak kekenyangan saat setelah makan dan minuman yang dapat membuat sesak pernapasan. 

 

  • Tidak makan makanan haram

Makanan haram dapat menimbulkan berbagai kerugian bagi tubuh. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali umat Islam mengonsusmi makanan haram. Poin ini juga dijelaskan dalam surat Al Maidah ayat 3 yang melarang umat Islam memakan bangkai, darah, daging babi, daging hewan yang disembelih atas nama selain Allah, hewan yang tercekik, terpukul, jatuh, ditanduk dan diterkam binatang bias kecuali yang sempat disembelih. Serta haram bagi umat Islam untuk memakan hewan yang disembelih untuk berhala. 

Berikut beberapa tips yang Klamby tim bagikan untung Klamby Family. Semoga bermanfaat dan semakin menekuni pola makan yang sehat sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW ya.