Tidak hanya mendekatkan batin kita dengan Allah, menggunakan hijab juga merupakan sebuah kewajiban untuk semua muslimah di dunia. Kewajiban ini merupakan salah satu dari sunnah Rasulullah SAW yang merupakan syariat agama yang harus dilaksanakan. 

Di jaman sekarang ini, banyak yang hanya menggunakan hijab tanpa tahu makna dan maksudnya serta apa saja manfaatnya. Lazimnya, penggunaan jilbab hanya diketahui guna menutupi aurat dan menjauhi dari segala bentuk maksiat.

Nah, kira – kira apa saja ya manfaat baik yang didapat dari penggunaan jilbab sesungguhnya? Yuk, simak sekarang! 

  • Terhindar dari godaan dan tidak sopan

Dengan menggunakan hijab, diharapkan wanita berhijab akan berpikir 100x untuk berperilaku tidak sopan karena adanya beban moral yang diemban, yakni menggunakan hijab. 

  • Lelaki akan merasa segan mengganggu atau menggoda 

Walaupun tidak menjadi sebuah ketentuan utama, namun percaya atau tidak bahwa laki – laki akan cenderung segan untuk mengganggu wanita yang menggunakan hijab. Hal ini didukung dengan sebuah survei yang pernah dilakukan, bahwa laki – laki merasa segan dengan wanita yang menggunakan hijab.

  • Didikan berperilaku baik

Penggunaan hijab tidak terbatas pada menutupi aurat saja, namun hijab juga digunakan untuk mendidik seorang wanita dalam berperilaku baik. Mendidik yang dimaksudkan disini adalah menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berperilaku baik sesuai dengan kaidah agama. Wanita yang menggunakan hijab juga diharapkan dapat menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu di luar syariat agama Islam. 

  • Menaati perintah agama

Terakhir, sudah pasti wanita yang menggunakan hijab secara permanen adalah seorang yang menaati ajaran agama Islam. Dimana seorang wanita muslimah yang telah melakukan salah satu sunnah Rasulullah dan mendekati diri kepadaNya.