Tentu saja kita nggak hanya memiliki satu jenis pakaian dengan bahan yang sama semua di lemari kan? Seperti yang kamu ketahui, bahwa pakaian juga memiliki beberapa jenis bahan yang digunakan. Jenis bahan pakaian yang digunakan ini juga berpengaruh pada waktu penggunaan yang ditujukan. Seperti baju pesta di acara resmi dengan baju untuk hangout ke mall pasti memiliki material yang berbeda pula.

Untuk kamu ketahui, bahwa setiap material pakaian yang digunakan memiliki banyak jenis dan beragam, lho. Kali ini, Klamby team membagikan tips nih untuk Klamby Family bagaimana sih cara merawat pakaian sesuai dengan jenis materi yang digunakan.

 

  1. Denim

Bahan denim atau jeans hampir dimiliki oleh semua orang. Karena warnanya yang netral dan cocok untuk setiap warna, jeans sangat mudah untuk dipadu padankan. Karena hal itu juga, tak jarang dari kita yang setiap hari pasti menggunakan celana jeans atau jaket denim, atau mungkin untuk rok atau baju dengan bahan jeans. Penggunaan yang sering inilah yang perlu kamu perhatikan karena awet atau tidaknya pakaian bahan denim yang digunakan  juga bergantung pada cara merawatnya. Untuk bahan denim, akan lebih baik jika kamu tidak terlalu sering mencucinya. Hal ini dilakukan agar menghindari rusaknya serat kain pada denim. 

Jika kamu menggunakan mesin cuci, akan lebih baik jika tidak mengeringkannya terlalu lama, supaya denim tidak menyusut. Keluarkan dan gantung denim saat kondisi setengah kering (lembab). Tinggal tarik, ratakan kerutannya dan gantung denim di tempat sejuk. Hindari sinar matahari langsung ya, supaya warna denim tidak mudah pudar dan belang. 

 

 

 

 

 

 

 

  • Katun 

Ini dia bahan yang paling jadi favorit hampir semua warga Indonesia. Katun dipilih karena bahan katun dinilai nyaman dan cocok dipakai dalam iklim tropis Indonesia. Tidak hanya nyaman, tetapi katun juga memiliki cara perawatan yang lebih mudah dan tidak repot, lho. 

Katun akan lebih baik jika dicuci secara manual, alias menggunakan tangan. Kegiatan ini dapat menjaga katun jadi lebih awet, tidakmudah melar, dan berumur panjang. Selanjutnya, kamu juga tidak perlu khawatir jika menemukan pakaian katun kamu sedikit menciut. Hal ini dikarenakan katun memiliki sifat serat alami.

 

  • Linen

Bahan linen terbuat dari serat alami tanaman rami. Kamu perlu mengecek label pada pakaian berbahan linen apakah pakaian tersebut perlu dry-clean atau tidak.

Ikuti intruksi yang tertera pada label jika itu memungkinkan, agar pakaianmu lebih tahan lama dan tidak cepat rusak.

Kamu bisa gunakan air dingin untuk mencucinya dan jangan lupa untuk setrika bahan linen dari sisi dalam ya.

Jika pakaian linenmu bisa dicuci dengan mesin, maka cucilah sesuai dengan instruksi pada label.

  • Polyester

Bahan terobosan dalam dunia fashion ini disebut juga sebagai ‘serat ajaib’. Menggunakan bahan ini, para perancang fashion bisa menciptakan pakaian penuh warna, tahan lama dan perawatannya mudah. Untuk cara mencucinya mudah kok! Baju polyester dapat dicuci secara manual maupun mesin cuci dengan air temperatur hangat.

Tapi ingat, hindari keringkan pakaian polyester secara berlebihan agar tidak keriput. Kamu bisa gunakan setrika dengan tingkat panas rendah pada polyester kamu agar tidak meleleh dan merusak pakaian saat disetrika dengan suhu panas. 

Nah, jadi sudah tau kan Klamby Family tips – tips perawatannya? Yuk, mulai sekarang ayo rawat pakaian kita sesuai dengan materialnya agar tahan lama dan awet.