Jilbab memang hadir untuk menutup aurat untuk para muslimah, namun tentu tidak salah kalau kita tetap ingin terlihat cantik saat menggunakan hijab. Oleh karena itu, kamu harus tau bagaimana sih memilih model jilbab yang sesuai dengan bentuk wajah. 

Karena beragamnya model jilbab kini yang hadir seiring berjalannya waktu dengan trend-trend baru berkembang, tentu wajar jika kamu seringkali merasa bingung ketika harus memilih jenis jilbab seperti apa yang sesuai untuk membingkai wajah kamu dengan sempurna. 

Nah, berikut beberapa tips yang Klamby tim ingin bagikan supaya kamu nggak perlu galau lagi ketika harus memilih hijab yang sesuai dengan bentuk wajah kamu.

  • Wajah bulat

Untuk kamu yang memiliki pipi chubby dan wajah bulat, bisa nih pilih jilbab yang menutupi sebagian luar pipi. Akan lebih cantik jika kamu menambahkan inner yang menutup sampai ke bawah telinga. Agar lebih cocok kamu bisa pilih dengan bahan loose untuk membuat wajahmu terlihat lebih ramping. Adapun bahan – bahan jilbab yang dapat menyamarkan pipi chubby seperti bahan jilbab rajut ringan, chiffon dan crepe. Bahan – bahan tersebut dapat memberikan dimensi antara wajah dan kerudung. Jilbab tersebut bisa kamu terapkan dengan model asimetris, dimana salah satu sisi kerudung menutupi sebagian pipi. 

Nah, selain hijab yang cocok untuk kamu ada pula nih bahan hijab yang harus kamu hindari, yaitu chiffon sutra. Karena tersebut akan mempertegas tekstur wajah kamu yang bulat semakin jelas. 

  • Wajah oval

 

Wajah oval adalah wajah yang paling ideal untuk menggunakan hijab karena bentuk wajah ini hampir serasi dengan semua model hijab dan terlihat bagus. Nah, karena itu kamu bisa coba berbagai style hijab. Sebagai contoh, kamu bisa gunakan jilbab pada area tulang pipi di sekitar telinga hingga ke arah dagu. Styling tersebut bisa bantu bentuk wajahmu semakin atraktif dan menonjol dan akan semakin cantik jika dipadukan dengan gamis jersey dan aksesoris hijab agar tampilang kamu semakin sempurna. 

  • Wajah lonjong

Kamu pemilik wajah lonjong? Kalau begitu jilbab dengan gaya hijab Turki atau Arab adalah pilihan tepat. Hijab dengan ciput dalaman hingga dahi ini akan mengurangi efek wajah panjang dan memberi kesan wajah yang lebih penuh dan padat. Untuk caranya kamu bisa menata rambut dengan model cepol belakang, agar dapat memberikan bentuk kepala yang lebih bagus dan seimbang dengan wajah kamu. Kesan bervolume juga bisa kamu terapkan untuk bagian kepala kamu dengan mencoba gaya turban atau inner bandana dengan aksen bertumpuk. 

  • Wajah persegi 

Tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan jilbab yang dapat menutup bagian dahi, dagu, dan kedua sisi rahang untuk membuat penampilan kamu terlihat lebih oval atau bulat. Ciri wajah persegi pada umumnya adalah jarak lebar pelipis dan pangkal rahang adalah sama. Untuk mengakalinya, kamu bisa gunakan ciput ninja dan jilbab rounded shape untuk membingkai wajah dan menyamarkan garis wajah agar terlihat lebih lembut dan menghilangkan garis – garis tajamnya. Untuk itu, pemilihan warna yang paling disarankan adalah warna – warna yang lembut, pastel atau gradasi lembut sehingga wajahmu terlihat lebih full. 

Sebagai catatan, hindari memakai jilbab yang berbentuk segitiga menjorok ke dalam atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah. Karena akan memberi efek wajah yang terlihat maskulin. 

  • Wajah bentuk hati

Wajah bentuk hati biasanya berukuran kecil dengan jarak antara mata dan dahi cukup dekat. Nah, untuk kamu pemilik wajah bentuk hati jangan khawatir dan bingung memilih jilbab model apa. Kamu bisa pilih jilbab dengan model praktis seperti bergo atau gipsi. Untuk menghindari dari efek wajah ‘tenggelam’, jangan gunakan model hijab layering karena akan membuat wajah kamu terlihat semakin kecil dan tenggelam.