Ketika saat sedang berpuasa, tak disadari rasanya tubuh menjadi lemas dan kurang bersemangat saat menjalani aktivitas. Terutama dalam kondisi pandemi seperti ini, dimana kita semua perlu melakukan physical distancing dan membatasi kegiatan kita di luar rumah. Sering kali pengalihan dari kebosanan ini membuat waktu kita menjadi tidak produktif dan akhirnya terbuang sia – sia begitu saja. 

Padahal, sebagai umat muslim kita dituntut untuk tetap produktif. Baik dalam menyelesaikan pekerjaan sehari – hari ataupun melakukan ibadah di Bulan Ramadhan. Nah, ini dia beberapa tips yang dapat Klamby team bagikan supaya Klamby Family tetap produktif dan semangat saat menjalankan ibadah puasa. 

  • Konsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka

Tak lain dan tak bukan semua harus dimulai dari apa yang kita konsumsi. Supaya tubuh tetap bugar dan sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. Makanan yang kita konsumsi memiliki pengaruh besar pada tubuh kita. Hindari makanan yang berminyak terutama saat sahur. Makanan berminyak tersebut dapat menyebabkan haus dan membuat tubuh menjadi lemas. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup. Sayuran hijau dan buah – buahan segar sangat membantu tubuh kamu menjadi lebih segar dan berenergi sepanjang hari. 

 

 

  • Jangan tidur setelah sahur 

Nah, tips selanjutnya akan lebih baik jika kamu tidak langsung tidur setelah sahur. Selain untuk kesehatan, tidur setelah sahur juga memperbesar kemungkinan kita telat sholat subuh. Setelah itu, kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan penting karena di pagi hari setelah sahur energi kita masih penuh dan pekerjaan terselesaikan secara maksimal.

  • Olahraga ringan 

Terakhir, agar tubuh terasa segar kamu bisa olahraga ringan seperti stretching, jogging, yoga, sit up atau jalan kaki dan bersepeda. Pilih waktu yang sesuai dengan rutinitas dan kemampuan tubuh kamu. Nah, dengan begitu tubuh kita akan tetap produktif sepanjang harinya. 

 

Nah, berikut tips – tips yang bisa Klamby team berikan untuk kamu. Semoga bisa membantu ya.