Durasi pandemi Covid-19 nampaknya masih panjang, akan tetapi kita pun tidak bisa untuk terus berdiam diri di rumah karena perlu memenuhi beberapa keperluan. Misalnya saja kita tetap harus pergi ke kantor demi menafkahi keluarga. Nah, hal ini juga berlaku untuk keperluan belanja, dimana kita perlu membeli keperluan rumah tangga yang sudah mulai habis.

Bukan berarti menyepelekan Covid-19, oleh karena itu kita pun wajib mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga jarak agar menghindari dari resiko penularan. Berikut beberapa tips yang Klamby tim ingin bagikan jika kamu ingin belanja aman di luar rumah ya!

  • Daftar belanja

Supaya kamu tidak berlama – lama di ruang publik dengan kerumunan orang banyak, kamu perlu membuat daftar kira – kira apa saja barang yang kamu perlukan untuk dibeli. Selain lebih efektif, cara ini juga dapat menyelamatkan kamu dari resiko penularan Covid-19 dan tidak berlama – lama berinteraksi atau bertemu dengan banyak orang.

  • Membawa healthy kit pribadi

Akan lebih baik jika kamu membawa healthy kit pribadi, walaupun kini sudah banyak toko, mall, atau tempat pembelanjaan lainnya yang menyediakan hand sanitizer. Hal ini dilakukan untuk memastikan tingkat kebersihan, karena tidak harus berbagi dengan orang lain dan bisa kamu gunakan untuk menyemprot titik – titik tertentu saat berada di dalam tempat perbelanjaan, misalnya seperti gagang pintu, cermin, tarikan rak / laci, dan lain sebagainya. 

  • Hindari ruang sempit tertutup dengan kerumunan

Saat melakukan aktivitas belanja di toko, mall, ataupun supermarket sangat disarankan jangan pergi ke tempat – tempat tertutup yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika memungkinkan, kamu bisa pilih area belanja ruang terbuka dan tidak terlalu padat dengan kerumunan banyak orang agar tetap menjaga jarak fisik dengan pengunjung lainnya.

 

  • Hindari pembayaran tunai 

Aktivitas transaksi tidak dapat dihindari jelas jika sedang berbelanja. Namun, untuk mengurangi penularan Covid-19 akan lebih baik jika kamu melakukan transaksi secara digital dan tetap menjaga jarak antara konsumen dan kasir. Kamu juga tidak perlu menyimpan resi pembelanjaan, atau menggunakan kartu debit atau kredit agar tidak perlu bersentuhan fisik dengan orang lain dan tidak meningkatkan resiko pemindahan virus.

 

Nah, berikut beberapa tips nya ya Klamby Family! Namun perlu diingat, bahwa virus corona sangat berbahaya dan penularannya sangat mudah. Sampai saat artikel ini dibuat, belum ada obat yang menjamin kesembuhan untuk orang yang terinfeksi. Oleh karena itu, tetap batasi keperluan aktivitas kamu di luar rumah jika memungkinkan dan tidak menyentuh barang di tempat umum jika tidak diperlukan ya.