Semakin majunya perkembangan zaman, tren berbusana untuk muslimah juga ikut berkembang dan semakin modern, lho. Oleh karena itu, banyak sekali produk baju muslim yang ditawarkan melalui offline maupun online, terutama untuk wanita. 

Kebutuhan untuk menggunakan pakaian muslim pun tidak hanya untuk acara formal saja, namun juga untuk pemakaian sehari – hari. Oleh karena itu, penting untuk kamu memperhatikan beberapa aspek dalam pemilihan baju muslimah yang nyaman dan tidak memberikan efek buruk pada buruk, karena sifat pemakaiannya setiap hari.

Nah, untuk itu Klamby mau saranin nih beberapa hal yang perlu kamu lakukan dan petimbangkan saat akan membeli baju baru.

  • Perhatikan bahan yang digunakan 

Karena keperluannya untuk penggunaan sehari-hari, kunci utamanya adalah kenyamanan. Baju yang nyaman, lembut di kulit sudah pasti buat kita jatuh cinta dan tidak rewel sebagai pengguna. Setelah kamu pastikan pakaian tersebut nyaman di kulit, kamu bisa pastikan bahan pakaian tersebut dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak menyerap panas. Kamu bisa temukan pakaian dengan kriteria di atas dengan bahan cotton combed, rayon, kaos, dan katun jepang. 

  • Sesuaikan warna baju dengan warna kulit 

Pemilihan warna baju sangat penting, lho. Jika kamu memiliki kulit putih dan kuning langsat memang akan lebih mudah dalam memadupadankan untuk hampir semua warna pakaian. Namun, tetap saja untuk pemilik kulit putih dan kuning langsat memiliki beberapa warna yang perlu dihindari. Untuk kamu yang memiliki kulit putih, akan lebih baik jika kamu hindari warna – warna pucat dan memudar. Warna – warna dengan karakter tersebut akan membuat kulit kamu terkesan kusut. Sedangkan untuk pemilik kulit kuning langsat, kamu perlu menghindari warna baju dengan nuansa coklat, emas dan orange. Warna – warna tersebut hanya akan memberikan kesan kusam.

 

 

 

Nah, jika warna kulit kamu sawo matang dan berkulit gelap akan lebih baik jika kamu memilih warna dengan nuansa terang. Misalnya, kamu bisa pilih warna pakaian jingga, kuning, hijau, silver, pink, burgundy, navy, dan gold. Warna soft yang bisa kamu gunakan seperti krem dan coklat juga cantik untuk kamu padu padankan. Namun, beberapa warna juga ada yang perlu kamu hindari. Seperti warna olive, merah, hijau lumut, cokelat gelap, dan merah bata, karena warna – warna tersebut akan memberikan kesan kusam dan tidak segar. 

Sama halnya dengan kulit sawo matang, pemilik kulit berwarna gelap juga perlu menyesuaikan warna – warna yang tepat agar terlihat segar dan mempercantik penampilan kamu. Untuk mendorong warna kulit sensual dan seksi kamu, kamu perlu memilih warna – warna pakaian dengan nuansa seperti hitam, putih, soft blue, pink tua, kuning lemon, turquoise, dan hijau muda. Perlu diingat, walaupun begitu ada pula warna – warna yang harus kamu hindari. Seperti warna rose, mauve, dan warna – warna pucat lainnya karena warna – warna seperti itu akan membuat penampilan kamu terlihat berantakan. 

Semua warna – warna yang disarankan juga bisa masing – masing di combine dengan warna lain yang sama cocoknya lho. Jadi, dalam berpakaian kamu tidak harus menggunakan mutlak dengan satu warna saja. 

  • Model pakaian

Kamu juga perlu perhatikan bentuk badan kamu untuk menyesuaikan model pakaian seperti apa yang akan menunjang penampilan kamu. Nah, tapi untuk muslimah model baju yang paling cocok dan simple hampir untuk semua bentuk tubuh adalah gamis. 

Tapi gamis tentu saja memiliki banyak model dan potongan yang unik. Nah, berikut Klamby rangkumin buat kamu. Pertama untuk kamu bertubuh tinggi kurus akan cantik jika menggunakan gamis dengan potongan lebar di bagian bawah, karena akan memberikan kesan lebih berisi dan menciptakan dimensi pada tubuhmu. Kamu juga bisa memilih gamis dengan motif besar untuk memberikan kesan berisi dan ideal, lho. 

 

Pemilik tubuh mungil tidak perlu khawatir. Ada kok gamis yang cocok untuk kamu, namun memang perlu trik saat memilihnya, jika tidak gamis yang kamu gunakan akan memberikan kesan ‘tenggelam’ dan ini memang kekhawatiran wajar untuk pemilik tubuh mungil ya. Solusinya, kamu bisa pilih gamis yang memiliki potongan pada pinggang, agar gamis tidak memberikan kesan yang ‘jatuh’ di seluruh tubuh kamu dan memberikan kesan ‘tenggelam’.

Kamu pemilik tubuh berisi? Kalau gitu, kamu perlu hindari gamis yang kebesaran, agar tidak memberikan kesan semakin besar. Kamu bisa pilih gamis yang pas di badan, namun tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Kamu bisa mengakalinya dengan pemilihan motif yang memberikan ilusi tampak lebih ramping. Motif yang bisa kamu pilih seperti bunga kecil dan garis vertikal. 

Berikut tips – tips yang dapat Klamby team berikan kepada Klamby Family. Semoga bisa membantu yaa!