Sebagai umat Muslim, wajib untuk menunaikan ibadah puasa dari terbit matahari sampai tenggelamnya matahari. Tentu saja kegiatan ibadah untuk rohani ini memiliki dampak yang sangat dekat secara jasmani. Dimana tubuh kita harus menahan lapar dan haus selama 13 jam. 

Oleh karena itu, tubuh tidak akan mendapatkan suplai makanan dan minuman dengan waktu yang cukup lama. Karena kurangnya suplai makanan dan minuman ini, tak jarang jika tubuh menjadi lebih lemas. Namun, jika kamu ingin tidak lunglai dan tetap bugar selama berpuasa, tentu saja bisa! Tapi, tentu saja ada langkah – langkahnya agar tubuh kamu tidak semakin lemas dan malah menjadi sakit setelah berolahraga. Berikut tips nya!

 

  • Tentukan waktu olahraga yang tepat

Waktu olahraga yang tepat sangat berpengaruh untuk efek selanjutnya bagi tubuh kamu setelah berolahraga, lho. Disarankan, jangan berolahraga di siang hari ya! Hal ini dikarenakan melakukan olahraga pada kondisi perut kosong dapat memperburuk kesehatan kamu dan membuat tubuh kamu tidak nyaman. Akan lebih baik jika olahraga dilakukan saat 30 – 60 menit menjelang buka puasa, karena dekat dengan jam makan. Namun, semua itu tergantung pada kondisi tubuh kamu ya. Jika tubuh kamu kuat dan tidak bermasalah saat berolahraga di siang hari, tentu saja sah – sah saja untuk dilakukan. Oleh karena itu, kenali kondisi dan kesehatan diri kamu sendiri, ya!

  • Jenis olahraga perlu ditentukan

Saat berpuasa, lebih baik untuk tidak melakukan olahraga berat. Hal ini disarankan karena kondisi tubuh yang sedang kurang asupan dan dikhawatirkan justru tubuh kamu yang tidak mampu untuk menahannya. Kamu bisa lakukan olahraga yang ringan, seperti berjalan, jogging, atau bersepeda santai.

 

  • Waktu tidur

Tips terakhir agar tetap bisa olahraga saat puasa adalah perhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.

Berikut beberapa tips yang dapat Klamby team bagikan untuk Klamby Family. Berhubung puasa sebentar lagi selesai, yuk semangat terus sampai hari kemenangan tiba🥰