Seperti yang sudah diketahui, Indonesia bagian Timur memang memiliki banyak wisata alam yang siap buat siapa saja yang berkunjung takjub dan terpesona karena keindahan alamnya. Salah satunya pulau yang dapat berikan pemandangan indah luar biasa adalah Pulau Buton di Sulawesi Tenggara. Pulau Buton juga memiliki beberapa keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain, lho. Yuk, simak beberapa hal unik dari Pulau Buton yang pasti bikin kamu takjub! 

  • Suku Cia-Cia dari Buton kenal huruf hangul Korea
credit to: econochannelfeunj.com

Suku Cia-Cia sebelumnya juga pernah jadi sorotan berita di Korea dan di Indonesia sendiri dikarenakan keunikannya. Warga suku Cia-Cia ternyata juga pengguna huruf hangul yang sama persis dengan huruf hangul yang digunakan di Korea. Bahkan sampai ke pengucapan dan pelafalannya sangat mirip dengan bahasa Korea. 

  • Desa yang unik

Di pulau Buton juga memiliki desa yang unik, lho. Keunikannya dikarenakan aktivitas para wanita pulau Buton yang melakukan pekerjaan menenun dari siang hingga sore hari. Desa unik ini adalah desa Wabula. Desa Wabula terletak di pesisir yang indah dan cantik. Kegiatan menenun ini biasa dilakukan di teras rumah mereka atau kolong rumah mereka dan kegiatan menenun ini dilakukan oleh semua wanita di desa Wabula dengan beragam usia.

  • Suku yang tinggal di atas laut
credit to: dream.co.id

Mirip dengan rumah apung, tapi yang dimaksud “apung” disini bukanlah rumah yang mengapung-apung di atas laut. Rumah ini dibuat dengan pilar – pilar kayu yang kuat yang muncul dari dalam laut hingga ke permukaan. Suku Bajo sendiri terkenal sebagai pengembara lautan yang handal dan keunikannya karena tinggal terpisah tidak di atas daratan, melainkan lautan. Biasanya, suku Bajo menggunakan perahu sebagai alat transportasi.

 

Berikut beberapa hal unik yang hanya bisa kamu temukan di pulau Buton. Jadi gimana nih, semakin tertarik traveling untuk kesana kan?